Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Macam-macam Mouse Komputer Dan Laptop

Jenis-Jenis Mouse Komputer. Mouse berfungsi untuk menggerakkan pointer pada layar monitor. Mouse merupakan perangkat input device yang sangat penting pada sistem operasi berbasis GUI. Mouse memiliki berbagai jenis dan bentuk, sehingga kita bebas memakai mouse sesuai keinginan. Mouse berperan penting dalam pengoperasian komputer dan laptop. Dengan Mouse, pekerjaan akan terasa lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan.


Berdasarkan fisik dan bentuknya, Mouse dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

  • Mouse Optic: Mouse Optic adalah jenis mouse yang menggunakan optic untuk menggerakkan pointer. Optic yang dimaksud disini terletak dibagian bawah mouse.

  • Mouse Track Ball: Mouse Track Ball adalah mouse yang menggunakan bola untuk menggerakkan pointer di layar monitor.



Berdasarkan Port-nya, mouse dibedakan menjadi 4 jenis: 
  • Mouse PS/2: Mouse jenis ini menggunakan port PS2 dan biasanya digunakan pada komputer jenis ATX. Warna Port mouse biasanya berwarna hijau dan hal ini ditujukan untuk membedakan antara port untuk keyboard dan port untuk mouse.

  • Mouse USB: Pada saat ini mouse usb adalah mouse yang paling digemari oleh pengguna komputer maupun laptop. Mouse usb memiliki cara kerja yang lebih efisien dan memiliki kecepatan akses lebih tinggi dibandingkan mouse yang menggunakan port.

  • Mouse Serial: Mouse jenis ini menggunakan port serial dan mouse ini biasanya digunakan pada komputer jenis AT.

  • Mouse Wireless: Mouse jenis ini menggunakan WI-FI sebagai media perantara. Mouse jenis juga sudah sangat populer dan sudah banyak digunakan oleh para pengguna komputer atau laptop. Mouse Wireless dijual dengan harga yang mahal dibandingkan dengan harga mouse jenis lainya. Kelebihan mouse wireless adalah dapat digunakan dalam jarak yang lumayan jauh, karena mouse wireless tidak menggunakan kabel.




Nah itulah artikel saya mengenai Macam-macam mouse komputer dan laptop. Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat, jika ada tambahan jangan lupa cantumkan dikolom komentar dan jika ada kekurangan saya mohon maaf.

2 comments for "Inilah Macam-macam Mouse Komputer Dan Laptop"

  1. baru tahu ada mouse track ball gan. wkwkw lucu kali yak , nice info gan.
    good
    solder infrared

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete