Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah 10 Teknik Cracking Pasword yang Sering Digunakan Hacker

Inilah 10 Teknik Yang Sering Digunakan Cracking Pasword Yang Sering Digunakan Hacker. Didunia digital yang semakin maju ini tentunya penuh dengan pro dan kontra. Banyak beberapa orang yang beranggapan bahwa dunia digital tidak begitu berbahaya seperti yang banyak dibicarakan. Namun juga ada beberapa orang yang mengangap bahwa dunia digital ini sangat kejam dan berbahaya, salah satunya banyaknya Cracking yang lahir dan membuat penipuan dan kerusakan.

Sebenarnya Apa sih Carcking itu? Teknik Cracking password adalah istilah umum yang menggambarkan sekelompok teknik yang digunakan untuk mendapatkan password atau kata sandi rahasia pada sebuah sistem data privasi kita, Nah pada kali ini saya akan membahas sedikit pengetahuan saya tentang 10 teknik yang sering dipakai oleh Hacker.

10 Teknik Cracking Pasword yang Sering Digunakan Hacker


1. Dictionary

Dictionary adalah sebuah teknik yang sering digunakan oleh sebagian besar hacker, mulai dari hacker handal hingga hacker abal-abal. Hanya saja jika kamu melakukan cara ini kamu tidak akan berhasil secara instan. Kamu harus menemukan keberuntunganmu sampai beberapa kali melakukan percobaan. Dictionary merupakan sebuah file yang berisi kata-kata aneh dan tidak biasa, dimana banyak orang sering menggunakan untuk password akun mereka. kekurangan Dictionary adalah jika password yang rumit tentunya tidak akan bisa dibobol dengan teknik ini.


2.Brute Force

Brute Force ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tipe seranagan Dictionary. Hanyaa saja jika kamu menggunakan teknik Brute Force ini maka kamu harus memiliki kesabaran yang tinggi. Lo kenapa? karena kamu harus mencoba setiap kombinasi terbaik untuk mendapatkan passoword korban. Tetapi seiring dengan kemjuan teknologi dan kepandaian seseorang maka teknik Brute Force ini akan sulit dilakukan.

3. Trojan, Virus, dan Malware

Untuk cara yang satu ini dilakukan oleh hacker dengan sengaja dan sadis. Hacker akan dengan sengaja membuat program seperti Trojan, Virus, dan Malware agar dapat membobol target sasaran. Seperti diketahui, program berbahaya ini biasanya tersembunyi didalam sebauh aplikasi atau bahkan memalui Email.

4. Port Scan

Port Scan biasanya digunakan untuk menemukan kelemahan-kelemahan pada server tertentu. Metode ini berbeda dengan metode cracking lainya, metode ini biasanya digunakan oleh hacker yang mau bertanggung jawab penuh atas aksinya. Dapat diartikan, teknik semacam ini hanya digunakan untuk menemukan kerentanan dalam sebuah sistem.

5. Shoulder Surfing

Shoulder Surfing sering digunakan oleh hacker untuk memata-matai pengguna ATM atau bahkan perangkat elektronik lainya agar dapat memperoleh informasi pribadi yang bersifat tertutup. Jika kamu terserang Shoulder Surfing biasanya kamu akan diminta login secara paksa kedalam sebuah program.

6. Rainbow Table

Metode Rainbow Table hampir sama seperti Dictionary. Teknik penyerangan Rainbow Table ini menggunakan Pra-hitung hash dan password yang ada. Apa itu Hash? Hash adalah hasil sebuah enkripsi sebuah password atau informasi yang dianggap penting. Rainbow Table digunakan untuk memperkuat password dan hash. Dengan hash ini lah yang membedakan antara penyerangan Dictionary dan Rainbow Table.

7. Offline Cracking

Sebenarnya tipe penyerangan Offline Cracking ini termasuk kedalam teknik Dictionary dan rainbow table. Data yang didapat biasanya diperolah dari sistem yang cukup membahayakan. Pada Offline Cracking, seorang hacker bisa melakukan pengujian validitas dari sebuah password.

8. Guessing

Guessing yang berarti menebak, artinya para hacker mencoba untuk membuat sebuah tebakan dengan menjawab sistem keamanan yang tersedia disetiap akun, jadi intinya hacker akan menebak segala-galanya untuk mematahkan sistem keamanan dan meretas sebuah akun.

9. Social Engineering

Metode penyerangan Social Engineering ini sangat bergantung pada interaksi manusia. Tipe serangan ini biasanya menggunakan penipuan untuk dapat melanggar prosedur kemanan normal pada umunya. 

10. Phising

Untuk metode yang terkahir ini, merupakan metode paling mudah diterapkan. Phising biasanya digunakan Hacker untuk meng-hack password dan akun seseorang. Sebenarnya cara ini sudah terlalu basi, sebab hacker yang menggunakan cara ini hanya meminta akun seseorang untuk menyebutkan passwordnya dengan cara unik dan berbeda. Hacker biasanya akan membuat situs atau aplikasi palsu, email palsu untuk membuat pengguna melakukan login di situs atau apliakasi buatan hacker tersebut. Setelah ada korban yang login maka rincian akun tersebut akan masuk ke server hacker.


Nah itulah Beberapa trik Cracking password yang biasa digunakan oleh Hacker, gunakan cara ini dengan penuh tanggung jawab, dan gunakan informasi ini sebagai pengetahuanmu agar kamu lebih waspada untuk mengamankan akun dan password kamu. Amankan akun dan password kamu agar tidak mudah dihack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. sekian dari saya jika ada tambahan jangan lupa cantumkan dikolom komentar.

1 comment for "Inilah 10 Teknik Cracking Pasword yang Sering Digunakan Hacker"