Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Menghemat Tinta Komputer


Cara menghemat tinta printer, kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraksnya...(eits salah lagu ini hahaha). Ini nih yang bener...kabar gembira untuk kita semua, tinta cepat habis kini ada solusinya, Solusi ini akan saya bahas di artikel saya kali ini yang saya beri judul Cara menghemat tinta printer. Yapp...benar sekali bagi kalian yang sering mengalami penyakit kanker aka kantong kering karena harus berkali-kali membeli tinta printer yang cepat habis, kini tak perlu khawatir. Pada era ini printer merupakan salah satu alat elektronik yang dimiliki oleh semua kalangan masyarakat mulai dari pelajar,mahasiswa,  pegawai kantor, pengusaha percetakan hingga petugas administrasi. Seringkali langkah mencetak yang kurang tepat menyebabkan tinta printer cepat habis, Nah...berikut beberapa tips untuk menghemat tinta printer  dan cara mengatasi tinta Printer cepat habis yang dapat kita lakukan diantaranya :


  • Preview Ulang Data

Seringkali kita melakukan kesalahan dalam pencetakan dokumen karena lupa mengecek ulang data tersebut. Nah...mulai sekarang mari kita ubah kebiasaan kurang baik ini hehe. Pada aplikasi Microsoft Word telah tersedia ikon print preview yang digunakan untuk melihat terlebih dahulu layar kerja yang akan dicetak. Begitu pula ketika kita akan mencetak file dengan jenis format lain, mengecek ulang adalah hal yang wajib dilakukan.


  • Meningkatkan Kecerahan

Memperbesar tingkat kecerahan gambar yang akan dicetak akan menghemat tinta yang dihabiskan. Coba saja bandingkan ketika mencetak gambar dengan tingkat kecerahan tinggi dengan gambar yang gelap, pasti gamabar yang gelap akan menghabiskan tinta lebih banyak, cara ini terbukti mampu menghemat tinta printer agan agan semua.  Kalau tidak percaya coba buktikan sendiri :D


  • Mencetak Beberapa Halaman Sekaligus

Mencetak beberapa halaman dalam satu lembar kertas sangat menghemat kertas dan tinta printer. Kita bisa menyesuaikan diri berapa halaman yang akan dikolektifkan dalam satu kertas. Tips ini bisa dilakukan saat akan mencetak file yang tidak begitu penting. Untuk menggunakannnya kita dapat mengubah pengaturan pada menu print, kemudian aturlah pada opsi page per sheet.


  • Terapkan Mode Draft

Cara Menghemat Tinta Printer yang selanjutnya adalah dengan Menerapkan mode draft pada printer akan memberikan beberapa keuntungan bagi kita yang sedang mengalami penyakit “ kanker” diantaranya : menghemat biaya dan waktu sehingga mempercepat proses percetakan sebuah dokumen, karena pada mode ini secara otomatis huruf yang digunakan akan berjenis tipis sehingga tinta yang dikeluarkan lebih sedikit. Penerapan mode draft dapat dilakukan dengan cara berikut : 

Pilih menu properties pada printer yang sedang digunakan > selanjutnya pilih printing shorcut > print quality > pilih Fast draft pada kotak dialog point. 

Akan tetapi Tips Menghemat Pemakaian Tinta Printer yang satu ini biasanya menghasilkan hasil cetakan yang kurang berkualitas sehingga bisa diterapkan pada dokumen yang tidak untuk dipresentasikan. 


  • Biarkan Printer Menyala

Eitss...tips yang terakhir ini bukan mengajarkan kita untuk tidak menghemat listrik ya hehe...karena menghemat listrik adalah tugas kita sebagai warga negara yang baik. Tips ini bisa diterapkan ketika kalian ingin menggunkaan printer kembali dalam waktu dekat sehingga lebih baik untuk membiarkannya tetap hidup daripada berulang-ulang menghidupkan dan mematikan komputer. Printer akan menggunakan sedikit tinta pada saat proses inisialisasi pada saat dihidupkan sehingga akan ada tinta yang terbuang sia-sia, Tips Trik menghemat tinta printer yang satu ini juga sering saya gunakan dan juga terbukti memperpanjang umur mesin printer agan.





Nah itu lah Beberapa Tips untuk menghemat Tinta printer, cara ini juga dapat di gunakan untuk printer merk-merk ternama seperti printer HP, printer Epson, Printer Cannon, Printer Dell, Printer Brother, Printer Samsung, Printer Toshiba dan masih banyak lagi merk merk Printer ternama, yang terpenting printer menggunakan Tinta ya gan wkwkwkwk.


Semoga Bermanfaat, Selamat Mencoba !

Post a Comment for "5 Tips Menghemat Tinta Komputer"