Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Inilah Penyebab Laptop Mati Sendiri Saat Digunakan




Pernah nggak sih ketika kalian sedang hectic mengejar deadline tugas yang akan dikumpulkan besok pagi, disaat kalian telah menyelesaikannya dan hanya tinggal menyimpannya untuk di print tapi seketika itu laptop kalian mati ? Ohh...rasanya kuingin bernyanyi balonku ada lima saking kesalnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop mati dengan sendirinya. Mungkin saking asyiknya mengerjakan tugas hingga kita tak melihat indikator atau notifikasi bahwa baterai laptop lemah hingga akhirnya mati karena kehabisan daya. Akan tetapi ada faktor lain disamping hal tersebut diantaranya :



Laptop Terlalu Panas
Laptop memiliki sistem yang secara otomatis akan memberhentikan kerjanya ketika dirasa terlalu panas. Sistem sensor panas pada laptop akan mematikan power laptop jika suhu sudah mencapai tingkat tertentu. Oleh karena itu pastikan bahwa saluran pada bagian bawah laptop dalam kondisi bersih dan bebas dari debu sehingga pembuangan udara panas dari laptop tidak akan terganggu. Disarankan juga menggunakan cooling pad yang akan mempercepat proses sirkulasi udara. Hindari pula meletakkan laptop pada tempat yang susah mengeluarkan udara seperti kasur, bantal ataupun lainnya. 



RAM Laptop Bermasalah
RAM yang tidak sesuai posisinya atau kaki RAM yang tidak rapat pada slot, kedua kaki RAM telah mengalami korosi maka akan menyebabkan kontak antara slot memori dan memori akan terhambat sehingga RAM akan terhambat atau sulit diakses dan laptop dipacu untuk bekerja lebih keras. Alhasil laptop akan menjadi lebih cepat panas dan pada saat tertentu akan mati seketika. Untuk itu bersihkan RAM menggunkan penghapus pensil atau bolpen lalu gosokkan perlahan pada bagian tersebut sehingga debu dan kotoran bisa dibersihkan. Lantas pasang kembali RAM pada tempatnya, jika belum berhasil lakukan pembersihan ulang.

Processor Terlalu Panas
Processor sering disebut sebagai jantung laptop yang apabila terlalu panas akan secara otomatis memberikan komando laptop untuk mati. Penyebab overheating processor bisa jadi disebabkan karena pendingin CPU tidak menempel dengan baik akibat pasta CPU telah kering. Oleh karena itu bukalah processor dan bersihkan pasta lama dan tambahkan pasta baru pada processor.

Kerusakan Mainboard
Motherboard ini tersusun atas elemen-elemen kecil yang sangat sensitif. Dibutuhkan tukang service yang handal untuk memperbaikinya apabila terjadi kerusakan. Biasanya proses perbaikan memerlukan waktu yang cukup lama karena motherboard tersebut akan diflash atau dikembalikan ke pengaturan awal.

Semoga Bermanfat !

Post a Comment for "Inilah Penyebab Laptop Mati Sendiri Saat Digunakan"