Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi

Touchpad merupakan salah satu bagian dari laptop yang bagiannya terdapat tombol klik kanan dan klik kiri. Touchpad berfungsi sebagai penunjuk pada layar laptop sama halnya dengan mouse. Mungkin bagi sebagian orang lebih nyaman menggunakan mouse daripada touchpad karena dianggap lebih fleksibel. Akan tetapi tak sedikit pula orang yang menggunakan touchpad dalam kesehariannya. Nah...terkadang ketika sedang digunakan, touchpad bisa saja mengalami eror sehingga tak dapat berfungsi dengan baik. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya :



1.      Pastikan Tombol Touchpad Telah Aktif
Mungkin saja ketika mengetik, anda tak sengaja menekan tombol pada keyboard sehingga membuat touchpad tidak aktif. Tombol ikon touchpad biasanya berada pada keyboard laptop pada baris paling atas diantara tombol F1 hingga F12. Untuk mengaktifkan tombol touchpad bisa dilakukan dengan cara menekan tombol kombinasi yaitu Fn + Tombol touchpad.

    
          
 
1.      Menginstal Drive Touchpad
Apabila anda menggunakan sistem operasi windows 8.1, windows 8 ataupun windows 10 anda tidak perlu khawatir untuk menginstal driver touchpad karena hal itu akan dilakukan secara otomatis. Akan tetapi untuk beberapa sistem operasi lain perlu dilakukan instal driver secara manual menggunakan DVD driver bawaan laptop atau mendownload pada situs resmi merk laptop anda.

2.      Cek Ulang Kabel Konektor Touchpad
Cara ini biasanya dilakukan oleh kalangan profesional karena harus membongkar perangkat laptop untuk mengetahui apakah kabel konektor touchpad yang berada didalam terdapat masalah atau tidak.

3.      Lakukan Scanning Laptop
Touchpad yang tidak berfungsi bisa pula disebabkan karena adanya virus pada perangkat laptop anda. Untuk itu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan scanning secara keseluruhan pada data menggunakan software antivirus.

4.      Menginstal Ulang Laptop
Cara ini merupakan langkah paling akhir yang bisa dilakukan apabila scanning laptop tidak memberikan hasil. Instal ulang dapat membuat laptop menjadi fresh kembali dan kemungkinan besar  dapat mengembalikan fungsi touchpad. 

Mungkin itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi. Semoga Bermanfaat, Selamat Mencoba !

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi"