Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Kerja Solid State Drive (SSD)


          Selamat malam pembaca...kali ini penulis akan mengeshare info mengenai teknologi penyimpanan data yang terbaru saat ini atau yang biasa dikenal dengan istilah SSD. Solid State Drive (SSD) dibuat menggunakan tipe memori “Flash Memory” yang hampir mirip dengan komponen penyusun RAM. Perbedaannya adalah RAM tidak dapat menyimpan data pada saat komputer atau laptop dimatikan sedangkan SSD tetap bisa menyimpan data walaupun komputer tidak dinyalakan. SSD menggunakan semacam jaringan sel elektrik yang dengan cepat mengirim dan memanggil data.


Jaringan listrik ini terbagi menjadi bagian-bagian yang disebut “pages” atau halaman yang merupakan tempat data-data akan tersimpan kemudian “pages” ini dijadikan satu untuk membentuk “block”. Penjelasan di atas sangat diperlukan agar anda lebih mengerti mengenai konsep dari SSD. SSD hanya mampu menulis data pada page kosong di sebuah block. Pada media penyimpanan lain misalnya hard disk data akan ditulis pada lokasi dimana piringan magnetik saat itu berada. Dalam artian, sebuah data akan mudah di overwrite.



Yang umumnya menjadi pertanyaan adalah bagaimana konsep penghapusan data pada SSD? Saat page dalam sebuah block ditandai sebagai file yang tidak berguna, SSD akan langsung mengambil block tersebut dan akan menghapus block seluruhnya. Saat anda membeli SSD baru, didalam SSD tersebut akan terdapat banyak block dengan page yang kosong. Saat page tersebut pertama kali diisi dengan data, maka proses penulisannya akan berlangsung sangat cepat. Tetapi lama-kelamaan SSD akan kehabisan page kosong dan akhirnya terdapat page kosong yang tidak tertata dengan rapi. Dikarenakan SSD tidak bisa langsung menimpa data, jika anda ingin menulis data pada kondisi SSD seperti diatas maka otomatis drive terseut akan menjalankan proses atau skema seperti berikut :



Mencari block dengan page kosong yang cukup

Menyimpan data page yang masih diperlukan dalam block tersebut

Melakukan reset setiap page dalam block tersebut

Melakukan penulisan ulang sata yang diperlukan kedalam page pada block yang baru saja direset tersebut

Menuliskan data baru




Note : Penggunaan SSD dalam waktu lama akan mengurangi kecepatan akses datanya

Dengan berbagai kelebihan serta kekurangan yang dimiliki SSD maka tetaplah SSD hadir dengan membawa sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh hard disk biasa. Salah satu keunggulannya adalah kecepatan yang super cepat. SSD merupakan salah satu teknologi yang canggih dan sangat kompleks. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun dengan kelebihan yang dimilikinya dapat menutupi semua kekurangannya. Untuk itu jika anda mempunyai uang yang cukup untuk membeli SSD, tidak ada salahnya jika membelinya agar anda dapat merasakan teknologi terbaru dengan sensasi akses komputer super cepat. 

Demikian artiket mengenai cara kerja Solid State Drive (SSD) yang memberikan gambaran kepada kita mengenai teknologi media penyimpanan data terbaru saat ini,
Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "Cara Kerja Solid State Drive (SSD)"