Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Li-Fi, Kemudahan Berselancar Menggunakan Cahaya


Saat ini telah banyak ditemukan teknologi yang semakin canggih khususnya dibidang komunikasi. Salah satunya adalah Wi-Fi atau Wireless Fidelity yang merupakan sebuah teknologi penghantar sinyal komunikasi yang sangat populer. Hal ini disebabkan karena keberadaannya dapat memberikan kemudahan untuk mengakses internet. Teknologi ini merupakan sebuah teknologi yang sangat menarik dan membuat banyak orang terkagum. Dahulu internet disebarkan melalui kabel dan kini cukup menggunakaan pemancar dan penerima anda bisa menggunakan internet. Teknologi ini memanfaatkan frekuensi yang ada disekitar kita sebagai salah satu penghantar sinyal.

 
Ternyata teknologi Wi-Fi yang begitu mengagumkan ini belum ada apa-apanya jjika dibandingkan dengan teknologi komunikasi baru bernama Li-Fi yang dikemukakan oleh Harald Haas (2011) dalam bukunya. Li-Fi atau Light Fidelity merupakan teknologi baru yang digunakan untuk menghantarkan sinyal dengan perantara cahaya. Frekuensi dan cahaya merupakan 2 unsur yang sangat penting dan lekat hubungannya dengan kehidupan manusia sehingga pengaplikasian teknologi ini akan mudah dan terjangkau. Selain kemudahan untuk mengakses internet, Li-Fi juga memiliki kemampuan menghantarkan sinyal internet dengan kecepatan tinggi. Pemanfaatan cahaya sebagai media penghantar sinyal komputer ini diklaim dapat memuat sinyal internet dengan kekuatan mencapai 100 Gbps. Besarnya daya hantar Li-Fi dierkirakan 100 kali lebih besar jika dibandingkan dengan kekuatan hantar yang dimiliki oleh fkrekuensi. Hal tersebut menjadi salah satu kelebihan utama yang ditawarkan oleh Li-Fi.

Kelebihan Li-Fi
Selain kecepatan hantarnya yang tinggi, Li-Fi yang memanfaatkan sinar atau cahaya merupakan hal yang sangat mudah ditemukan di segala penjuru dunia. Hal ini menyebabkan akses internet dengan kecepatan tinggi akan mampu dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia bahkan di seluruh pelosok negeri. 

Kekurangan Li-Fi
Disamping beberapa kelebihan Li-Fi, teknologi ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya instensitas cahaya kecil akan menyebabkan penerimaan sinyal internet Li-Fi terganggu. Selain itu, teknologi ini hanya dapat beroperasi menggunakan cahaya buatan. Cahaya matahari ecara langsung merupakan salah satu gangguan yang dimiliki teknologi ini. Hal tersebut membuat penggunaan Li-Fi hanya bisa dilakukan dalam ruangan yang gelap dengan penerangan cahaya lampu yang sangat terang. Selain itu penggunaan Li-Fi tidak dapat menembus bangunan karena gangguan dari sinar matahari seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Keberadaan Li-Fi ini dianggap sebagai teknologi yang super canggih karena mudah diterapkan dan banyak membantu menghadapi kesulitan. Dengan adanya teknologi komputer terkini berupa Li-Fi, ada banyak kekurangan dari teknologi sebelumnya yang dapat dicover sehingga bisa dikatakan Li-Fi merupakan produk teknologi yang mutakhir.  Sekian sekilas informasi menganai Li-Fi, Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "Li-Fi, Kemudahan Berselancar Menggunakan Cahaya"