Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Merawat dan Membersihkan Komputer dengan Baik


Komputer atau biasa disingkat PC (personal computer) merupakan peralatan elektronik yang kerap kali kita gunakan dalam berbagai kegiatan seperti pekerjaan kantor, periklanan, perkerjaan rumah tangga maupun tugas sekolah. Dari kalangan dewasa hingga kalangan anak sekolah semuanya dituntut untuk dapat mengoperasikan PC dengan baik untuk pengerjaan tugas maupun pembelajaran. Oleh karena itu penting untuk mengetahui beberapa tips merawat dan membersihkan komputer dengan baik seperti yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini: 

Minimalkan Kerja PC
Terkadang saat menggunakan komputer kita tidak sadar terlalu banyak membuka program sehingga kebutuhan memori (RAM) semakin banyak. Untuk itu jika program sudah tidak digunakan sebaiknya langsung diclose sehingga beban kinerja PC berkurang.

Instal Aplikasi Antivirus
Aplikasi antivirus berguna untuk menghapus dan mencegah virus yang masuk kedalam PC. Cukup instal satu antivirus yang terbaik dan terbukti dapat membasmi virus dan jangan lupa untu selalu mengupdatenya.

Uninstal Aplikasi yang Tidak Terpakai
Banyaknya aplikasi dalam PC tentu akan memakan banyak ruang di hard disk sehingga beban kerja PC pun meningkat. Oleh karena itu aplikasi yang tidak terpakai sebaiknya diuninstal untuk memperingan kerja PC.

Bersihkan File Sampah
Kebanyakan dari kita tentu pernah menghapus file ataupun aplikasi lainnya dalam PC. Nah..file yang kita hapus tersebut selanjutnya akan ditampung terlebih dahulu di recycle bin sehingga memudahkan kita untuk mengembalikan file tersebut jika ternyata masih diperlukan. Akan tetepi untuk file yang memang sudah tidak diperlukan sebiaknya dihapus secara permanen untuk mengurangi memori yang terpakai.

 


Gunakan Stabilizer atau UPS
Penggunaan UPS (Uninterruptible Power Supply) pada PC dapat mencegah kerusakan hard disk oleh listrik yang padam secara tiba-tiba. Selain itu dengan UPS tegangan listrik juga kan menjadi lebih stabil. 

Kontrol Suhu PC
Penggunaan PC dalam waktu yang lama dapat menyebabkan peningkatan suhu PC sehingga perlu dilakukan setting  atau pengontrolan suhu diruangan. Hal itu bisa dilakukan dengan cara pemberian ventilasi ataupun kipas angin yang lokasingan berdekatan dengan CPU dan monitor.

Matikan PC saat Hujan
Hal ini berkaitan dengan PC yang masih terhubung dengan wireless ataupun modem saat hujan dikhawatirkan akan terkena petir. Untuk itu agar lebih aman matikan PC terlebih dahula saat hujan turun.

Gunakanlah Kabel Ground
Pada bagian luar CPU saat kita menyentuhnya akan terdapat aliran listrik yang berhaya. Oleh karen itu untuk mencegahnya, disarankan pemasangan kabel ground.

Matikan PC dengan Benar
Apakah anda pernah mematikan PC secara paksa dengan menekan tombol ON/OFF saja? Jika iya, maka sebaiknya anda tidak mengulanginya lagi karena hal tersebut dapat memicu kerusakan pada PC. Cara mematikan PC dengan benar bisa dilakukan dengan menekan tombol windows lalu pilih shutdown atau dengan cara menekan tombol Alt + F4 secara bersamaan lalu pilih shutdown.

Rutin Bersihkan PC
Membersihkan PC merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan terutama bagian CPU yang harus rutin dibersihkan minimal 3 bulan sekali karena seringkali debu menempel pada bagian ini. Caranya cukup menggunakan sikat yang halus. Biasanya ntuk pembersihan PC dapat dilakukan dengan pembersih khusus berupa cairan, sikat halus maupun kain yang lembut.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam merawat dan membersihkan komputer dengan baik. Selamat mencoba, Semoga Bermanfaat !
 



Post a Comment for "Tips Merawat dan Membersihkan Komputer dengan Baik"