Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Virtual Keyboard, Bibit Teknologi Masa Depan


Hello selamat malam pembaca...sebelumnya penulis ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya karena beberapa waktu yang lalu belum sempat mengepost info-info terbaru soal dunia per-komputeran dikarenakan jadwal kuliah yang sedang padat merayap. Barangkali ada yang setia menunggu postingan saya sekali lagi saya mohon maaf karena membuat anda menunggu hehe. Setelah melewati badai perkuliahan dimana sehari ujian tulis, besoknya ujian praktek belum lagi ujian hidup yang datang silih berganti wkwk tapi gapapa semuanya bakal terlewati kok, badai pasti berlalu gaes. Curhatnya udah dulu ya hehe. Nah kali ini penulis ingin share info tentang “Virtual Keyboard” langsung aja ya check it out...


Kebutuhan pasar yang semakin haus akan kecanggihan teknologi mendorong banyaknya ilmuwan untuk terus melakukan inovasi. Semua kalangan berlomba-lomba untuk dapat memiliki teknologi yang dianggap paling canggih dan maju pada zamannya. Seiring berjalannya waktu pembaharauan teknologi terus terjadi, banyak teknogi canggih yang tercipta salah satunya adalah virtual keyboard.

Apa itu teknologi virtual keyboard ?
Virtual keyboard merupakan sebuah keyboard yang tidak memiliki bentuk fisik seperti pada umumnya sehingga dapat muncul ataupun menghilang sesuai dengan kehendak pemiliknya. Hal ini disebabkan karena virtual keyboard hanya digambarkan menggunakan sinar yang bisa disejajarkan dengan hologram. Teknologi ini sebenarnya telah idtemukan pada tahun 1992 oleh para pakar teknologi yang dimiliki IBM. Akan tetapi sampai saat ini penggunaan virtual keyboard belum dilakukan secara luas. Keberadaan virtual keyboard memberikan akses yang sangat mudah bagi mereka yang hanya memiliki space yang kecil. Perbedaan yang mendasar adalah ketika menggunakan virtual keyboard anda hanya akan mengetik pada bidang datar biasa  tanpa tombol-tombol ketikan seperti pada keyboard biasa. Keberadaan virtual keyboard ini menjadi salah satu bentuk pengembangan teknologi yang lebih mudah, simpel dan menghemat ruang.

Kekurangan virtual keyboard
Disamping kelebihan virtual keyboard yang akan didapatkan ketika pengaplikasiannya terdapat kekurangan yaitu harganya yang cukup mahal. Hal inilah yang menyebabkan penggunannya belum dilakukan secara luas hingga saat ini. Selain itu karena teknologi ini bekerja dengan sinar, virtual keyboard hanya bisa digunakan pada ruang ataupun kondisi yang gelap. Sementara itu penggunaan komputer atupun perangkat digital pada tempat gelap akan merusak kesehatan mata. 

Kelebihan virtual keyboard
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh virtual keyboard adalah sistem keamanan yang dimilikinya. Ketika anda menggunakan virtual keyboard untuk bekerja, maka anda bisa mengurangi masalah keamanan digital sepertu pembobolan password digital. Selain itu penggunaan teknologi ini seperti yang telah dijelasakan sebelumnya akan menghemat ruang bagi penggunanya.

Cara kerja virtual keyboard
Ketika melihat fungsinya setiap orang tentu merasa penasaran bagaimana cara kerja teknologi ini. Perangkat digital ini bekerja menggunakan sinar inframerah. Dari perangkat proyeksi akan diproyeksikan sinar yang akan membentuk keyboard yang mirip dengan keyboard sungguhan. Sinar inframerah bertugas membaca pergerakan tangan dan juga tekanan yang kita lakukan pada virtual keyboard. Hal ini menyebabkan perangkat dapat membaca apa yang kita ketik di virtual keyboard tanpa menggunakan perantara fisik. 
Nah begitulah salah satu kemajuan teknologi di bidang ilmu komputer, sangat mengagumkan kan? Semoga kedepannya teknologi ini bisa dipasarkan secara luas dengan harga yang lebih terjangkau ya jadi kita-kita juga bisa beli hehe...Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "Virtual Keyboard, Bibit Teknologi Masa Depan"