Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa itu Bios ? Inilah Fungsi Bios yang perlu kamu tau

Apa itu Bios ? Bios adalah sebuah program komputer yang memiliki kepanjangan Basic Input System, Bios merupakan sebuah program yang ditulis dalam bentuk bahasa assembly yang bertugas untuk mengatur beberapa fungsi pada perangkat keras atau hardware komputer.

Sistem Bios berbeda dengan sistem operasi harddisk. Perbedaan antara sistem bios dengan sistem operasi di dalam harddisk terletas pada chip memori flash. Selain itu, Bios terletas pada bagian CMOS. Nah CMOS ini biasanya dapat di temukan pada Motherboard. CMOS berfungsi mengatur dan menjaga tanggal yang telah di setting oleh user agar tidak berubah saat komputer atau laptop di matikan.


Apa Fungsi Bios ?

Seperti yang saya jelaskan di atas, fungsi bios adalah untuk mengatur dan menjaga tanggal yang telah di setting oleh user, tidak hanya itu, bios juga berfungsi untuk memastikan bahwa seluruh komponen hardware berjalan dengan baik. Inilah beberapa fungsi bios lainnya:


1. Melakukan pengaturan konfigurasi dasar.


Fungsi bios yang pertama adalah untuk melakukan pengaturan konfigurasi dasar pada perangkat masing masing. Pengaturan ini biasanya di terapkan atau di gunakan oleh para Gamer. Kenapa ? karena dapat meningkatkan performa atau perangkat komputer itu sendiri, atau biasanya di sebut overlocking.

Overlocking merupakan sebuah tindakan untuk meningkatkan clock rate pada perangkat keras. Dan hal ini biasanya di lakukan pada komponen GPU dan CPU. 


2.  Dapat menjalankan Post atau perintah power on selft test.

Sebelum melakukan penginstalan sistem operasi di dalam laptop atau komputer, kita harus mengetahui terlebih dahulu perangkat seperti apa yang ada di dalam komputer atau laptop yang di gunakan. Wihhh bakalan memakan waktu lama dong untuk mengetahui perangkat yang di dalam komputer.

Nah, maka dari itu untuk menyingkat waktu, terdapat bios yang dimana kita bisa tahu dengan mudah perangkat-perangkat apa saja yang terpasang di komputer atau laptop dan kita juga dapat mengetahui spesifikasi komputer kita. Dengan begitu kita bisa memasang sistem operasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop kita.

3. Dapat memberikan informasi dasar perangkat keras. 

Bios juga dapat memberikan informasi, apakah semua komponen terpasanag atau berjalan dengan baik. Dengan begitu user bisa tau apakah komponen seperti Harddisk, VGA, RAM terpasanag atau berjalan dengan baik dan benar.



Komponen-komponen Bios.

Bios juga memiliki komponen-komponen penggerak yang dapat menjaga kinerja komputer atau laptop. untuk infomasi lebih, Apa itu komponen bios ? bisa kita simak ulasan saya berikut ini:


1. Program Bios.

Program ini memiliki manfaat untuk dapat mengubah konfigurasi komputer atau laptop pada tipe Harddisk, Disk Drive, kinerja komputer, manajemen daya dan hal hal lainya sesuai keiinginan user. Bios juga bisanya meyembunyikan beberapa detail perangkat yang ada di komputer atau laptop.
2. Drive.

Fungsi driver ini adalah untuk mengaktifkan perangkat-perangkat keras komputer. Contoh seperti VGA, Input Device, Processor, dan berbagai perangkat lainnya.

3. Program Boststraper.

Program ini bertanggung jawab saat komputer atau laptop sedang booting. Jadi setiap kalian menyalakan komputer, program ini lah yang bekerja paling awal.




Sistem Kerja Bios.

Pada saat bios berjalan maka bios akan melakukan analisa perangkat. Proses tersebut dapat memberikan kita informasi spesfikasi komputer atau laptop kita. Contoh memberikan informasi jumlah memori yang kita pakai, kapasitas harddisk, jenis VGA, dan masih banyak lagi.

Bios juga akan mengecheck perangkat lainnya apakah perangkat tersebut bisa berjalan atau di gunakan dengan baik. Biasanya bios akan melakukan pengecekan pada Harddisk, Ram, Vga dan perangkat perangkat lainya yang terpasang di komputer atau laptop kita.

Setelah semua proses di atas sukses dan lancar maka bios akan mencari lokasi untuk booting. Hal ini di lakukan oleh bios untuk memasuki sistem operasi yang terinstal pada komputer atau laptop kita. 


Nah, itulah sedikit pengetahuan tentang bios. Alasan mimin membahas bios adalah karena banyak pertanyaan dari adik adik sekolah : 
  • Apa itu Bios ?
  • Apa Fungsi Bios ?
  • Cara Kerja Bios ?
  • Cara Masuk Bios ?
  • Jelaskan Pengertian Bios ?
  • Bios adalah ?
Itulah pertanyaan pertanyaan dari adik adik yang masih sekolah. Cukup sekian artikel saya hari ini, in syaa Allah mimin akan membuat artikel baru yaitu macam-macam bios. 

Post a Comment for "Apa itu Bios ? Inilah Fungsi Bios yang perlu kamu tau"